Page 1 of 6 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 104
  1. #1
    Dedengkot Krucil biawak_fbi's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,363
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 2 Posts

    Default Sop Buntut Dahapati, Citarasa Kolonial Mak Nyuusss

    Jakarta - Sop buntut adalah makanan peranakan Indonesia-Belanda yang sangat populer. Banyak sekali rumah makan di seluruh pelosok Indonesia yang menyajikan sop buntut. Sayangnya, kebanyakan sop buntut yang disajikan berkualitas rata-rata. Hanya ada beberapa penjual sop buntut yang perlu dicatat secara khusus, seperti di Jakarta Pusat, Bogor, dan Mojokerto.

    Saya sendiri sebenarnya sudah mulai mengurangi konsumsi sop buntut, mengingat kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Tetapi, bila ada sop buntut yang istimewa, saya selalu memberi izin khusus kepada diri saya untuk mencicipinya bahkan seringkali malah menghabiskan seporsi penuh.

    Untungnya, sop buntut istimewa itu tempatnya cukup jauh untuk dijangkau. Di Bandung! Karena itu, saya hanya dapat menikmatinya setahun sekali atau dua kali. Yang satu ini sungguh istimiwir. Kalau menurut ukuran lidah saya, sangat boleh jadi ini adalah sop buntut paling baik di dunia.

    Rumah makan ini memang fokus ke sajian utama sop buntut. Para tamu pun tidak mau pusing-pusing melihat daftar menu karena mereka tahu apa yang mereka ingini bila datang ke rumah makan itu. Tempatnya cukup mudah ditemukan, tepat di seberang SPBU Cipaganti. Di situ ada sebuah compound tiga rumah tua yang masih terawat apik. Salah satunya bernama Dahapati. Ketiga rumah ini dulunya milik para pangeran dari Siam yang mengungsi ke Bandung sekitar tahun 1930-an ketika terjadi kudeta di Thailand. Salah seorang keturunan pangeran Siam itulah yang kini mengoperasikan rumah itu sebagai gerai sop buntut yang terkenal.

    Citarasa sop-nya mengingatkan saya pada masakan oma-oma Belanda di masa lalu. Kaldunya terasa tebal, tetapi tidak machtig. Aroma dan citarasa pala cukup menonjol, di atas bumbu-bumbu lainnya dalam keseimbangan yang cantik. Segar dan gurih. Daging buntutnya sangat empuk. Lemaknya di-trim, sehingga tidak berlebihan. Seperti sudah menjadi mode masa kini, boleh pilih buntut goreng atau the original - buntut rebus.

    Kentang, wortel, dan buncisnya pun dimasak pas, tidak terlalu lembek, sehingga semangkuk sop buntut ini memang tampil sempurna. Mak nyusssss! (Bondan Winarno)

    Sop Buntut Dahapati
    Jl. Cipaganti 146
    Bandung
    +6222 2042751



    (odi/odi)


    http://food.detik.com/read/2010/06/0...usss?dthlutama

  2. #2
    all hope is gone deathmyself's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Rest In Peace
    Posts
    457
    Thanks
    0
    Thanked 60 Times in 10 Posts

    Default

    Masakan yg rada ribet dibuatnya. Dari tampilan jadi mudah secara teknik susah. Tapi buntut sapi kaya kandungan sum"nya kalo tekniknya ga paham jadi pecah antara kaldu dan sum"nya
    Posted via Krucil Mobile Device

  3. #3
    Dedengkot Krucil biawak_fbi's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,363
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 2 Posts

    Default

    Quote Originally Posted by deathmyself View Post
    Masakan yg rada ribet dibuatnya. Dari tampilan jadi mudah secara teknik susah. Tapi buntut sapi kaya kandungan sum"nya kalo tekniknya ga paham jadi pecah antara kaldu dan sum"nya
    Posted via Krucil Mobile Device
    pecah kaldu ma sum2nya itu maksudnya gimana nih suhu?

  4. #4
    Tukang Download
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    14
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    nais inpo gan.moga bermanfaat

  5. #5
    Dedengkot Krucil biawak_fbi's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,363
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 2 Posts

    Default

    Quote Originally Posted by kolor abang View Post
    nais inpo gan.moga bermanfaat
    dicobain makanya suhu, biar bermanfaat

  6. #6
    all hope is gone deathmyself's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Rest In Peace
    Posts
    457
    Thanks
    0
    Thanked 60 Times in 10 Posts

    Default

    Quote Originally Posted by biawak_fbi View Post
    pecah kaldu ma sum2nya itu maksudnya gimana nih suhu?
    ibaratnya kaya masak santan kalo ga di aduk terus yah pecah jadinya
    simpelnya kaya kita makan bakso tetelan gajih gtu
    Posted via Krucil Mobile Device

  7. #7
    Dedengkot Krucil biawak_fbi's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,363
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 2 Posts

    Default

    Quote Originally Posted by deathmyself View Post
    ibaratnya kaya masak santan kalo ga di aduk terus yah pecah jadinya
    simpelnya kaya kita makan bakso tetelan gajih gtu
    Posted via Krucil Mobile Device
    hmmmmm, masih belum bisa bayangin makan bakso ketelen gajih? maksudnya dikira lg ngunyah bakso tp ternyata gajih ya?

  8. #8
    Tukang Download
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    93
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    Kapan2 bisa nyobain deh kalo ke Bandung
    Posted via Krucil Mobile Device

  9. #9
    Murid Krucil
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    243
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    patut dicoba neh
    dingin2 makan sop buntut manteb deh

  10. #10
    Tukang Download
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    dihati mu sayang...
    Posts
    17
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    ane tinggal di bdgpblm coba ni tempat auh...
    Posted via Krucil Mobile Device

  11. #11
    Tukang Download
    Join Date
    Apr 2010
    Posts
    24
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    boleh di cicip ni....

  12. #12
    Tukang Download
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    36
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    Mantab
    Posted via Krucil Mobile Device

  13. #13
    Tukang Download
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    34
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    wah jadi laper nih suhu

  14. #14
    Tukang Download
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    54
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    Cocok nih mkn gini anget2, di bdg kan dingin..
    Posted via Krucil Mobile Device

  15. #15
    Tukang Download
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    38
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    Gw dah nyobain....mantap bener ni sop buntut!!!!

  16. #16
    Tukang Download
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    72
    Thanks
    8
    Thanked 7 Times in 2 Posts

    Default

    kebetulan ane lg di bandung...meluncurrrrr

  17. #17
    Murid Krucil yoga2225's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    236
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post

    Default

    Weekend ini k sana aah
    Posted via dekills Mobile Device

  18. #18
    Tukang Download
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    40
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Default

    thanks gan udah share!

  19. #19
    Murid Krucil
    Join Date
    May 2009
    Posts
    402
    Thanks
    1
    Thanked 30 Times in 3 Posts

    Default

    terima kasih resepnya

  20. #20
    Murid Krucil
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    111
    Thanks
    12
    Thanked 6 Times in 2 Posts

    Default

    Wah.... Bikin gw inget masa lalu neh Suhu.... Rasa ny emang ga boong ni sop buntut... Cuman harga ny aja yang boongin gw,,, Hahaha

Page 1 of 6 123 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  






-->
Site Meter -->